Sabtu, 28 Agustus 2010

Pengenalan

Pondok Pesantren Al-huda adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Pesantren Al-huda ( Ma’had Al-huda Al Islami ) yang di dirikan oleh Syekh K.H. SIROJUDDIN (Amma biru ) pada tahun 1935 M telah menelurkan generasi bermutu ( Insan Mutadayiin dan berakhlak karimah ) terbuki dengan banyaknya lulusan/alumi yang diterima oleh lapisan masyarakat untuk membina umat.
Syekh K.H. SIROJUDDIN wafat pada tahun 1968 M lalu di lanjutkan oleh:

K.H. ULUMUDDIN BANANNI (Alm)
K.H. AAM RIDWAN SIROJUDDIN. LC ( Alm )
K.H. ULUMUDDIN GHOZALI ( Alm )
K.H. WILDAN HILMI

Pola pendidikan Islam pesantren Al-huda menggunakan sistem salafi( pengajian kitab kuning ) dari sejak di dirikan tahun 1939 M s/d 2007 M.
Namun setelah mengevaluasi serta menimbang era globalisasi kondisi pendidikan sekarang ini, maka Pendidikan Islam Pesantren Al-huda di mulai pada tahun ajaran baru 2008/2009 mengkombinasikan sistem klasik(salafi) dan mua’sir (modern). Dengan mengkombinasikan dua sistem pola pendidikan, yaitu Sistem Pendidikan Kepesantrenan Salafi dan Sistem Pendidikan Sekolah (SMP PLUS) dengan tujuan membimbing para santri menjadi kader muslim yang berkualitas (Ar- ruh wa al jasad) yang Insya Allah dapat berilmu amaliyah dan beramal ilmiah dengan visi dan misi sebagai berikut:

VISI
Mewujudkan lembaga Pendidikan Pesantren unggulan yang mengintegrasikan kecerdasan pikiran, keluhuran akhlaq al karimah dan kedalaman spiritual secara sinergis (Tarbiyatul anfus wal afkar).

MISI
1. Membimbing dan membina para santri untuk memiliki dan mengamalkan kecerdasan pikiran, keluhuran akhlaq dan kedalaman spiritual berdasarkan syari’at Islam.
2. Menjunjung tinggi kedisiplinan pesantren, memberi keteladanan dalam mengamalkan kehidupan sehari – hari berdasarkan syari’at Islam dan tsaqofah luhur kepesantrenan.
3. Mempersiapkan para santri agar dapat melanjutkan pendidikan kearah yang lebih tinggi sehingga menjadi orang yang berguna bagi kemajuan agama Islam, nusa dan bangsa
(read less)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar